Kepatuhan BPM Terhadap Standar APN Saat Membimbing Mahasiswa D3 Kebidanan Praktik Asuhan Persalinan Normal
DOI:
https://doi.org/10.35747/hmj.v1i1.912Keywords:
BPM, Kepatuhan, Standar APN, Praktik MahasiswaAbstract
Asuhan Persalinan Normal (APN) sebagai paradikma baru pada pertolongan persalinan sangat memberi manfaat kepada ibu karena didasari oleh langkah-langkah standar kerja dengan sistimatis dan holistik berorientasi pada kebutuhan ibu. Pendidikan Diploma 3 kebidanan memerlukan proses pembelajaran praktik langsung, sehingga memerlukan praktik di BPM sabagai fasilitas pelayanan dan pembimbing praktik APN. Wawancara dengan mahasiswa tidak ditemukan kepatuhan 100% pada standar APN. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepatuhan BPM terhadap standar APN saat membimbing mahasiswa praktik dan langkah APN yang sangat tidak dipatuhi saat melaksanakan Asuhan Persalinan Normal. Desain penelitian diskriptif kualitatif menggunakan analisis fenomenalogis pada lembar ceklist yang diisi mahasiswa yang telah menyesaikan praktik APN. Hasil penelitian menggambarkan hanya 3,13 % sangat patuh, 18,75 % patuh, 25,00%, kurang patuh, 37,50 % tidak patuh, 15,62 % sangat tidak patuh. Langkah APN yang sangat tidak dipatuhi adalah langkah pencegahan infeksi, memimpin mengedan saat kepala bayi telah membuka vulva 5 – 6 cm, serta meletakkan kain bersih dilipat 1/3 bagian dibawah bokong ibu. Disarankan agar semua BPM meningkatkan kepatuhan pada standar APN terutama saat membimbing mahasiswa praktik.
References
Arikunto, Suharsini 2007, Metodologi Penelitian, Renika Cipta, Jakarta.
BPPSDM Kesehatan Pusdiknakes Depkes R.I., 2004, Petunjuk Tehnis Penyelenggaraan Pendidikan Jenjang Pendidikan Tinggi Kesehatan, Jakarta
BPPSDM Kesehatan Pusdiknakes Depkes R.I. , 2006, Standar Pembelajaran Klinik Bidan , Jakarta.
Biran Afandi & George Adriaansz, 2003, Pelatihan Keterampilan Melatih, JNPK-KR, Jakarta
Bungin Burhan, 2001, Metodologi Penelitian Sosial, Format Kuantitatif dan Kualitatif, Universitas Erlangga Press, Surabaya.
Bungin B., 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Rajawali Pers, Jakarta
DEPKES R.I., 2002 , Kurikulum Pendidikan Diploma III Kebidanan , Jakarta.
Depdiknas R.I., 2006, Kualifikasi dan Kompetensi , Jakarta
Dr. Iskandar, M.Pd, 2009, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial ( Kuantitatif dan Kualitatif ), Gaung Persada Press, Jakarta
Dirjend.Yanmed.Depkes R.I. 2006, Pedoman Bimbingan Tehnis Asuhan Kebidanan dan Perinatal, Jakarta
Heri P, (1998), Pengantar Perilaku Manusia Untuk Keperawatan, EGC, Jakarta.
Iskandar, 2009, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Gaung Persada Press, Jakarta
Imam Santoso, 2013, Manajemen Data untuk Analisis Data Penelitian Kesehatan, Gosyen Publishing, Yogyakarta
Jurnal Kedokteran Brawijaya, Volume 2, 513 – 1762.
Jurnal UNPAD, ac.id/e.journal/article/view/683, Beranda volume 1 no.1 (2012)
Kepmenkes RI nomor: 369 Tahun 2007, Standar Profesi Bidan, PP.IBI Jakarta
Kepmenkes RI nomor: 1464 Tahun 2010, Ijin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan, Depkes RI
Mufdillah, Asri, Ima Kh, 2012, Konsep Kebidanan, Nuha Medika, Yogyakarta
Nasoetion, S, 1988, Metode Penelitian Kualitatif , Tarsito, Bandung.
Niven, Niel, (2010), Psikologi Kesehatan Untuk Perawatan dan Prifesional Kesehatan Lain, Edisi 2, EGC, Jakarta.
Undang-Undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Wacana Adhitya, Bandung.
Winarno, 1980, Pengantar Penelitian Ilmiah, : Tarsito, Bandung