KONSTRUKSI MATH OPEN-ENDED WORKSHEET BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Authors

  • Enika Wulandari IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.35747/t.v3i1.368

Keywords:

open ended, HOTS, Worksheet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan konstruksi Math Open-Ended Worksheet bermuatan higher order thinking skills  (HOTS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa Math Open-Ended Worksheet pada materi persamaan kuadrat yang merupakan produk dari penelitian pengembangan. Data dikumpulkan melalui telaah produk. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan berpedoman pada karakteristik open-ended problem dan higher order thinking skills (HOTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Contoh 1 memuat open-ended problem dan muatan menganalisis konsep, Latihan 2 memuat open-ended problem, Contoh 2 memiliki muatan mengevaluasi konsep, Latihan 2 memiliki muatan mengevaluasi konsep dan menganalisis konsep, Contoh 3 memuat open-ended problem dan muatan mengevaluasi prosedur, Latihan 3 memuat open-ended problem dan muatan mengevaluasi prosedur, Contoh 4  dan Latihan 4 memuat open-ended problem dan merumuskan konsep serta merencanakan prosedur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya referensi mengenai konten bahan ajar yang mendukung pengembangan Higher Order Thinking Skills dan pola berpikir divergen bagi siswa.  

References

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4).

Astuti, P., Purwoko, P., & Indaryanti, I. (2017). Pengembangan LKS Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2). https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.244

Becker, J. P. (2006). The “open approach” to teaching school mathematics. Proceedings of National Meeting of Math. Ed., 45–62.

Jailani, & Sugiman. (2018). Higher order thinking skills: pengertian dan peningkatannya melalui problem based learning. In H. Retnawati (Ed.), Desain pembelajaran matematika untuk melatihkan higher order thinking skills (1st ed., pp. 2–24). UNY PRESS.

Kemdikbud. (2021). KBBI: Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://kbbi.web.id/

King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (2011). Higher order thinking skills: Definitions, strategies, and assessment. In Center for Advancement of Learning and Assessment.

Kurniawan, H., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2018). Developing open-ended questions for surface area and volume of beam. Journal on Mathematics Education, 9(1). https://doi.org/10.22342/jme.9.1.4640.157-168

Munarsih, S., Hasibuan, L. R., & Irmayanti, I. (2019). Pengaruh Pendekatan Open Ended Problems terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa pada Materi Peluang di Kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Utara. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 5(1). https://doi.org/10.36987/jpms.v5i1.1352

Nissa, I. C., Lestari, P., & Kumala, D. (2019). Pengaruh Pemberian Soal Matematika Jenis Open-Ended Problems Terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Program Linier. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(2). https://doi.org/10.33394/j-ps.v7i2.1910

Nurhidayah, N., Ninawati, M., & Soro, S. (2020). The influence of worksheet implementation towards students mathematics learning outcomes. Indonesian Journal of Elementary Teachers Education, 1(1). https://doi.org/10.25134/ijete.v1i1.2874

Prasetyawan, E., & Gunawan, H. I. (2020). Pengembangan LKS Matematika Saintifik SMP Kelas VIII Berbasis Multiple Intelligences Gardner. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.329

Putri, O. R. U. (2017). Pengembangan buku siswa bercirikan open ended mathematics problem untuk membangun berpikir kreatif. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/10.24269/js.v2i1.502

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.215

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189–197. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631

Yasa, N. Y. P., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran icare berbantuan masalah matematika terbuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas viii smp laboratorium undiksha singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19921

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Wulandari, E. (2021). KONSTRUKSI MATH OPEN-ENDED WORKSHEET BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS). THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 19–25. https://doi.org/10.35747/t.v3i1.368

Issue

Section

Articles