Peran Orang Tua terhadap Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita

Authors

  • Muhsinin Muhsinin Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Rafiqa Rahmaniar Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.35747/cnj.v5i1.455

Keywords:

Tunagrahita, Penyesuaian Diri, Peran Orang Tua

Abstract

Anak yang termasuk dalam kelompok berkebutuhan khusus makin banyak jenisnya. Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam memelihara, menjaga dan mengawasi perkembangan anaknya baik secara fisik maupun mental. Orang tua adalah tempat anak pertama kalinya berinteraksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua terhadap penyesuaian diri anak tunagrahita di SDLB Negeri Barabai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar responden (orang tua anak) dengan peran orang tua yang tinggi, sebagian besar penyesuaian diri anak tunagrahita yaitu mampu, hasil dengan uji Korelasi Spearman Rank, dengan α = 0,05 didapatkan nilai sign = 0,007 atau ≤ 0,05 yang artinya semakin tinggi peran orang tua maka semakin baik kemampuan anak tunagrahita dalam penyesuaian diri. Diharapkan kepada orang tua melakukan cara alternatif yang bisa digunakan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak dan tidak menerima begitu saja dengan kondisi anak. Akan tetapi lebih baik jika orang tua menambah pengetahuan tentang kondisi anak melalui diskusi dengan guru di sekolah atau orang tua lain yang mempunyai anak tunagrahita.

References

Kemenkes (2014), Situasi penyandang disabilitas. Buletin Jendela: Data dan informasi kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI.

Ngalim, P. (2009). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. (2009). Peran Orang Tua Dalam Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita. Yogyakarta: Skripsi Prodi Keperawatan Stikes Jendral Achmad Yani Yogyakarta.

Profil SLB Negeri Barabai. (2019). Laporan Tahunan SLB Negeri Barabai 2019. Barabai.

Sartika. (2017). Hubungan Peran Orangtua Dengan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living (ADL) Pada Anak Dengan Retardasi Mental Di Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Skripsi Prodi Keperawatan Stikes Jendral Achmad Yani Yogyakarta.

Soefandi, I., Dkk. 2009. Strategi mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media.

Sriwati. (2011). Peran Orang Tua Terhadap Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita. Surabaya: Skripsi Prodi IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Ulfatusholiat, R. (2014). Peran Orang Tua dalam Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita. Skripsi. Universitas Gunadarma.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Muhsinin, M., & Rahmaniar, R. (2022). Peran Orang Tua terhadap Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita. CNJ (Caring Nursing Journal), 5(1), 19–23. https://doi.org/10.35747/cnj.v5i1.455

Issue

Section

Articles