PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU MENGGUNAKAN NILAI CBR PADA JALAN SUNGAI TABUK – GAMBUT KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Kasyful Ahmad Nazharian Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Muhammad Fitriansyah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Irwandy Muzaidi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Elia Anggarini Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.35747/deuj.v6i2.1039

Keywords:

Perkerasan Kaku, CBR, LHR

Abstract

Jalan Sungai Tabuk- Gambut Kabupaten Banjar terdapat permukiman warga yang terdiri dari hunian pribadi dan perumahan. Sehingga pada jalan Sungai Tabuk Gambut ini sering dilewati sepeda motor, kendaraan ringan, maupun kendaraan berat. Hal ini tentu saja mengakibatkan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada jalan kondisi existing menggunakan perkerasan lentur sering mengalami kondisi jalan bergelombang dikarenakan beban kendaraan yang melewati jalan tersebut, maka sebagai solusinya perlu dilakukan perencanaan tebal perkerasan kaku berdasarkan nilai CBR pada jalan Sungai Tabuk Gambut, Kab. Banjar tersebut. Metode yang digunakan dalam perencanaan mengacu kepada Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017 Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Hasil dari perhitungan tebal lapis perkerasan lentur dengan umur rencana 40 tahun didapat susunan tebal lapis perkerasan kaku sebesar 19 cm panjang plat 5,5 m Dowel bars Æ32-30 cm dan Tie bars Æ16mm-122cm

References

AASHTO, American Association of State Highway and Transportation Officials, 1993. Guide for Design of Pavement Structures.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2013. Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013. Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.

Saodang, Hamirhan. 2005. Perancangan Perkerasan Jalan Raya Buku 2. Penerbit Nova. Bandung.

Suryawan, Ari. 2013. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement), Beta Offset. Yogyakarta.

Tenriajeng, Andi Tenrisukki. 1999. Rekayasa Jalan Raya-2. Jakarta. Universitas Gunadharma.

Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta.

Diah Oktami, Leni Sriharyani. 2016. Kajian Penggunaan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) Untuk Uji Lapangan Pada Tanah Dasar

Pekerjaan Timbunan Apron. Studi Kasus, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung.

Hardiyatmo, H C.,(2011) , Percancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. Penerbit Gadjah Mada University Presss, Yogyakarta.

Departement Permukiman dan Prasarana Wilayah, Pelaksanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, 2002.

Downloads

Published

2024-06-24

Issue

Section

Articles