ANALISIS KINERJA U-TURN PADA JALAN G. OBOS KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Riswandi Universitas Palangkaraya
  • Salonten Universitas Palangkaraya
  • Desi Riani Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.35747/deuj.v5i1.366

Keywords:

Putar Balik (U-Turn), Tundaan, Panjang Antrian

Abstract

Jalan G. Obos Kota Palangka Raya merupakan tipe jalan dua arah empat lajur dan menggunakan median. Pada beberapa titik bukaan median atau u-turn di Jalan G. Obos Kota Palangka Raya sering terjadi antrian kendaraan yang panjang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja u-turn pada Jalan G. Obos Kota Palangka Raya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh waktu memutar rata-rata kendaraan terbesar untuk sepeda motor (MC) sebesar 5,99 detik, kendaraan ringan (LV) sebesar 9,03 detik dan kendaraan berat (HV) sebesar 16,25 detik, waktu tundaan rata-rata kendaraan terbesar untuk sepeda motor (MC) sebesar 13,00 detik, kendaran ringan (LV) sebesar 19,43 detik dan kendaraan berat (HV) sebesar 16,93 detik, panjang antrian rata-rata kendaraan terbesar sepanjang 33 m.

Kata kunci : Putar Balik (U-Turn), Tundaan, Panjang Antrian

References

Badan Standardisasi Nasional. (2008). Spesifikasi Bukaan Pemisah Jalur. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Bina Marga. (1990). Tata Cara Perencanaan Pemisahan. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Bina Marga. (2005). Perencanaan Putar Balik Arah (U-Turn). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2004). Perencanaan Median Jalan. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles