KEHANDALAN BENTUK PENAMPANG TERHADAP DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN PONDASI TIANG PADA TANAH LUNAK MENGGUNAKAN METODE MAYERHOF DAN SEMI EMPIRRIS

Authors

  • Muhammad Fitriansyah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Irwandy Muzaidi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Yayu Suhendra Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.35747/deuj.v6i1.847

Keywords:

daya dukung, penurunan, metode mayerhof, metode semi empiris

Abstract

Pembangunan gedung di kota Banjarmasin identik dikenal menggunakan jenis pondasi cerucuk galam dan pondasi tiang pancang. Hal ini dikarenakan tanah di kota Banjarmasin di dominasi oleh jenis tanah lunak. Maka diperlukanlah jenis pondasi dalam yang pastinya bisa memperkuat struktur bangunan secara drastis apabila dibangun pada tanah yang lunak. Pada penelitian ini uji daya dukung tanah menggunakan alat Tahanan Standart Penetration (N-SPT) dengan metode Mayerhof dan penurunan dengan metode Semi Empiris. Berdasarkan hasil uji Tahanan Standart Penetration (N-SPT) dilakukan analisis daya dukung pondasi selanjutnya menganalisis penurunan pondasi yang terjadi di daerah tersebut.  Dari hasil penelitian daya dukung dan penurunan pondasi untuk kedalaman 28 meter didapatkan bentuk pondasi yang lebih handal dari segi daya dukung pada tanah lunak yaitu pondasi tiang berbentuk persegi, sedangkan kehandalan dari segi penurunan yaitu pondasi tiang berbentuk lingkaran. Karena daya dukung persegi lebih besar dan penurunan lingkaraan yang paling kecil dari bentuk yang lainya.

References

Abdullah. (2022). Analisa daya dukung tiang pancang pada pembangunan gedung laboratorium dan kuliah univ Borneo Tarakan. Tarakan: Universitas Borneo Tarakan.

Amris, A., & Gilang, R. (2020). Analisis Daya Dukung Dan Penurunan Pondasi Tiang Pancang Proyek Gedung DPRD Kabupaten Pemalang. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Badarudin, & Yuska, H. (1997). Studi komparasi kapasitas dukung pondasi tiang pancang dengan metode T-Z dan Metode Terzaghi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Bowles. (1968). FOUNDATION ANALYSIS AND DESING International Student Edition Tokyo: McGraw-Hill Kogakusha.

Disty Suci Anggi Yani. (2021 ). menghitung daya dukung tiang pancang pada gedung perkantoran menggunakan data spt dan sondir dengan metode decourt-quaresma 1982, mayerhof 1956. Jurnal Rancangan Sipil, 1 (1), 1- 12.

Direktorat Jendral Bina Marga. (1992). Menual Desain Jembatan (Draf) Badan Penerbit Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, Indonesia.

Endah, Dwi. S. (2018). Penelitian analisa daya dukung tiang pancang pada proyek pembangunan gedung SMPN 7 Tarakan. Tarakan. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 12 (1), 34 - 38.

Ega Julia Fajarsari . (2022). Analisa perbandingan daya dukung pada penurunan pondasi tiang berdasarkan bentuk dengan variasi dimensi. Jurnal Ilmiah Desain dan Kontruksi, 16, 42 - 52.

Hardiyatmo. (2015). Mekanim Tanah II. (Edisi Ketiga). Gadjah Mada Univesitas Yogyakarta

M. Agus Salim. (2020). Analisa daya dukung dan penurunan pondasi tiang pancang proyek gedung DPRD kabupaten Pemalang. Jurnal teknik sipil rancangan bangunan, 5 (1), 1 - 14.

Muthmainnah. (2022). Analisa daya dukung pada penurunan pondasi tiang pancang berdasarkan data N-spt (studi kasus : Dermaga mesjid sultan suriansyah kota Banjarmasin. Universitas Islam Indonesia.

Mayerhof. (1976). Analisa Kapasitas Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Dengan Pembebanan Vertikal Menggunakan Program Staad Pro V8i Pada Proyek Bangunan Rumah Sakit Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 1 (2), 93 - 101.

Vesic. (1963). Ultimate Loads and Settlements of Deep Foundation in Sand. Proc. Symp. On Bearing Capacity and Settlement of Foundation. Duke University. Jurnal Eng. Technol. Sci, 46 (1) 1 - 16.

Robertson. (1986). Analisa Penggunaan Combined Pile Raft Foundations ( CPRF) Tipe Mini Pile Dan Tipe Caisson Pada Pembangunan Gedung XYZ DI Makasar. Jurnal Teknik Sipil Universias Atma Jaya Makasar 7, 64 - 75.

Sosrodarsono., & Nakazawa (1990). Perencanaan Ulang Pondasi Tiang Pancang pada Bangunan Gedung Control Room Di Kalimantan Timur .Rang Teknik Jurnal, 5 (2), 204 - 212.

Seotjiono & Pasaribu. (2008). Stabilisasi tanah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah stabilisasi kimiawi dengan cara mencampurkan tanah lunak dengan Bata Merah dan Serbuk Kapur, Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Semarang, 04, 1 - 9.

Yanuar, Aditya. P. (2019). Analisa perbandingan kapasitas daya dukung pondasi Boret Pile dengan metode Empiris dan Dinamik pada proyek jalan tol Pandan-Malang. Malang. Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jember, 16, 1 - 108.

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles