PELATIHAN WIRAUSAHA MUDA PADA ERA DIGITAL DALAM UPAYA KEBERLANJUTAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK GULA MERAH DI DESA JELATANG KECAMATAN PADANG BATUNG KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
Keywords:
Media Digital, Strategi Promosi, Gula Merah, UMKMAbstract
Kegiatan pelatihan wirausaha muda pada era digital di Desa Jelatang, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan produksi gula merah di wilayah tersebut. Kegiatan yang dilakukan menyajikan gambaran tentang pelatihan tersebut dan dampaknya pada peserta serta masyarakat setempat.
Pelatihan difokuskan pada pengembangan keterampilan teknologi digital, manajemen bisnis, dan praktik berkelanjutan dalam produksi gula merah. Peserta pelatihan, yang sebagian besar adalah wirausaha muda lokal, menerima pengetahuan dan keterampilan yang memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam operasi bisnis. Pelatihan juga mempromosikan praktik berkelanjutan dalam produksi gula merah, dengan penekanan pada penggunaan bahan baku yang berkelanjutan dan praktik lingkungan yang ramah.
Hasil dari kegiatan, menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta dalam mengelola bisnis mereka secara efisien dan berkelanjutan. Dalam jangka panjang, diharapkan akan meningkatkan pendapatan peserta dan memperkuat ekonomi lokal. Kegiatan yang dilakukan juga memicu kolaborasi antarwirausaha muda di Desa Jelatang, menciptakan jaringan yang mendukung pertumbuhan dan inovasi bisnis.
Dengan demikian, pelatihan wirausaha muda pada era digital dalam upaya keberlanjutan dan pengembangan produk gula merah di Desa Jelatang telah membawa dampak positif yang signifikan, baik pada peserta pelatihan maupun pada komunitas setempat. Langkah-langkah yang dilakukan adalah langkah penting menuju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah desa Jelatang
References
Apriyani, Masayu Endang. 2018. Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Jurnal Sosio E-kons. Volume 10, Nomer 1.
Minasari, Tiar & Yamin, Yuliana. 2021. Pengaruh Promosi terhadap Peningkatan Volume Penjualan UMKM Keripik Pisang di Gang PU Bandar Lampung. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.
Oktapriani, Risye, Muniroh, Leny & Eldine, Achyar. 2020. Pengaruh Promosi dan Online Marketing terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada UMKM Tas Desa Bojong Rangkas, Kabupaten Bogor). Prosiding Hasil Penelitian Dosen Universitas Ibn Khaldaun Bogor.
Sovania, Erina & Selliamanik, Irma. 2019. Pengaruh Promosi Media Situs Jual Beli Online terhadap Peningkatan Penjualan UKM. Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia. Volume 2, Nomer
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Petikemas (Jurnal Pengabdian Teknologi kepada Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.